Sabtu, 07 September 2019

Taman nasional alas purwo - untuk saat ini banyuwangi memang terkenal sekali dengan yang namanya pantai, sebab banyuwangi berada lumayan dekat dengan bali, ini terlihat melalui georafis yang ada. Benerapa potensi pantai tersebut mempunyai panorama keindahannya masing-masing di mata wisatawan. Nah selain pantai ternyata ada yang lebih menarik lainnya di banyuwangi jatim seperti taman nasional alas purwo.

Di taman ini tersimpan banyak sekali pemandangan indah yang bisa kamu lihat, tentu sangat rugi sekali bila berada di banyuwangi belum pernah ke taman alas purwo, pada taman ini juga tersajikan potensi wisata alam contohnya yang sering di lirik adalah air terjun, pantai, padang savana, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, di taman alas purwo terdapat pura yang bisa kamu kunjungi untuk mengetahui keindahan di dalamnya.
Inilah Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo Yang Menarik Di Banyuwangi Jatim
Dari beberapa keindahan yang saya berikan ilustrasi tersebut, namun masih ada saja hal mistis yang sering di kaitkan masyarakat sekitar terhadap wisata taman alad purwo in, terlepas dari semua itu, hal mistis seperti ini wajib kita hargai.

Mengapa masyarakat sekitar percaya ada hal mistis ? Sebab pada jaman dulu taman nasional alas purwo yang terletak di banyuwangi jatim memang terkenal terhadap kutukan maupun mantra-mantra yang ada di dalamnya.

Pada postingan kali ini saya akan mengiri anda berjelajah ke taman alas purwo di Jawa Timur dalam bentuk tulisan, bila penasaran silakan langsung simak saja penjelasan lengkapnya dibawah ini :

LOKASI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO


Berbicara mengenai lokasi, pertama-tama yang perlu kamu ketahui bahwa taman wisata nasional alas purwo termasuk ke dalam kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lebih lengkapnya lagi terletak dalam 2 kecamatan seperti Kecamatan Kalipuro, dan juga Kecamatan Tegaldlimo.

 baca juga Tempat Wisata Terbaik Dekat Taman Alas Purwo Banyuwangi

Bukan hanya itu saja, pada taman alas purwo sudah termasuk sebagai tempat perlintasan jalur antara Situbondo dan juga Banyuwangi, jalur tersebut dapat dilalui dari arah Pelabuhan Ketapang. Taman alas purwo dapat ditempuh wisatawan dengan jarak tempuh 5 kilometer saja, apabila daru banyuwangi, maka jarak tempuhnya ialah 15 kilometer dari arah utara.

AKSES MENUJU TAMAN NASIONAL ALAS PURWO


Jika kamu ingin sampai dengan tepat di taman nasional alas purwo, silakan simak saja beberapa rute dibawah ini yang saya jabarkan, ini bisa menjadi salah satu referensi kamu nantinya.

Bila dari banyuwangi, silakan saja kamu memulai perjalanan ke Kecamatan Rogojampi, setelah itu Srono, lalu Muncar, kemudian dilanjutkan hingga sampai di Tegaldlimo. Jika wisatawan sesampainya di kecamatan tegaldlimo, maka lebih baik lanjutkan lagi perjalanan sejauh 10 kilometer melalui jalan bebatuan.

Wisatan nantinya akan menemukan pos yang bernama Perhutabi di Taman Nasional Alas Purwo, ini adalah gerbang tempat masuk untuk sampai ke Alas Purwo.

Bila wisatawan yang berasal dari Surabaya, maka alangkah baiknya ambil saja rute surabaya - jember. Dalam rute ini akan memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 4 sampai dengan 5 jam perjalanan. Bermula dari jember lanjutkan saja perjalanan ke kecamatan Genteng, jarak yang ditempuh yakni sekitar 65 kilometer, sesudah itu lanjutkan lagi perjalanan dari Jajag - Srono - Muncar sampai ke kecamatan Tegaldilmo.

Nantinya wisatawan pasti akan sampai ke objek wisata yang mereka inginkan yaitu purwo, tapi ini belum sepenuhnya sampai ke tamannya, bila kamu ingin menuju ke lokasi objek wisata tersebut, hendaklah menggunakan transportasi kendaraan pribadi atau ojek di sekitar lokasi tersebut.

Pengunjung dapat menggunakan mobil maupun kendaraan pribadi masing-masing bila belum menemukan pangkalan ojek yang ada, cukup memakan waktu sekitar setengah jam kamu sudah bisa berada tepat di taman alas purwo.

SUASANA MISTIS DI TAMAN  ALAS PURWO


Banyak sekali orang terutama masyarakat sekitar berpendapat bahwa di taman alas purwo ternyata ada hal mistis tersendiri, tentunya ini berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya di sekitar taman tersebut. Nah jika kita membahas mengenai hal mistis maka akan kembali ke kejadian masa silam. Konon menurut pendapatan masyarakat sekitar bahwa sebelum masa penjajahan tak ada manusia yang dapat keluar dari kawasan taman alas purwo ini.

Begitu juga sebaliknya bagi mereka yang dapat keluar atau selamat dari taman ini, nantinya semasa hidup mereka akan sering sekali tertimpa kecelajaan, artinya sial terus-menerus semasa hidupnya. Dari hadirnya banyak sekali cerita masyarakat yang percaya bahwa taman ini cukup melegenda terutama mengenai hal mistis, tak heran juga beberapa orang sering menjadikannya sebagai tempat menimba ilmu ghaib, bahkan ada juga sampai melakukan ritual semedi dengan makhluk halus.

 baca juga Tempat Wisata di Sekitar Kawah ijen yang Bisa Anda Kunjungi

Tahukah anda bahwa di sekitar kawasan objek wisata tersebut ternyata masih ada hal menarik lainnya yakni terhitung ada 40 goa, hampir semua goa tersebut sering kali dijadikan tempat semedi untuk menimba ilmu bagi seorang petapa. Menariknya lagi salah satu goa bernama Goa Istana dipercaya masyarakat bahwa presiden pertama Indonesia Ir. Soekarna pernah melakukan semedi untuk mencari ketenangan di goa tersebut.

Penutup


Dari semua paparan diatas memang taman alas purwo mempunyai daya tariknya sendiri dibandingkan kawasan wisata lainnya. Dari beberapa hal yang tersajikan tersebut tentunya tersimpan keindahan alam yang ada. Contohnya tempat menarik di sekitar alas purwo adalah padang savana, pantai, hingga air terjun. Hal ini dijamin akan memberikan sensai terbaik pada saat memulai perjalanan travelling kamu.

Comments 0