Sabtu, 07 September 2019

Salah satu tempat wisata yang paling menarik di banyuwangi ialah berkunjung ke wisata sekitar kawah ijen, pastinya kamu sudah mengenal tempat terbaik di kawah ijen dengan keindahan panorama api biru ketika menjelang pagi hari. Nah selain itu ternyata ada tempat paling menarik lainnya yang bisa kita temukan di sekitar kawah ijen tersebut.
Tempat Wisata di Sekitar Kawah ijen yang Bisa Anda Kunjungi
Memang kebanyakan orang terutama wisatawan ketika sudah selesai melihat pemandangan indah di kawah ijen, tentunya mereka akan segera istirahat dan bergegas untuk pulang, akan tetapi tahukah kamu disekitar kawah ijen tersebut masih banyak objek pemandangan lainnya yang bisa dikunjungi.

Bahkan tidak hanya itu saja, dari beberapa tempat wisata tersebut bisa saja dapat mengembalikan stamina pengunjung, lalu apa sajakah panorama tempat itu, bila penasaran silakan langsung simak saja penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Tempat Wisata di sekitar kawah Ijen


1. Kawah Wurung


Nah keindahan pertama yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah kawah wurung, wisatawan bisa  berkunjung ke tempat ini yang terletak di kabupaten bondowoso, untuk menuju ke lokasi kawah kurung memiliki jarak sekitar 4 kilometer dari kawah ijen. Lebih serunya lagi untuk menuju ke kawah wurung, pengunjung harus menaiki yang namanya bukit cinta, sesudah itu wisatawan dapat melihat jelas keindahan kawah wurung.
wisata kawah kurung
Dalam menikmati momen panorama keindahan di kawah wurung, sering kali wisatawab datang pada musim-musim tertentu saja, contohnya bila saat musim kemarau datang maka rerumputan di sekitar kawah wurung terlihat kekuningan, sedangkan saat musim penghujan rumputnya terlihat hijau dan lumayan lebat.

2. Kawah Bulan Sabit


Selain kawah wurung ternyata masih ada keindahan alam lainnya yang bisa anda kunjungi, seperti salah satunya kawah bulan sabit ini yang sering kali menjadi objek wisata banyuwangi oleh kalangan wisatawan maupun turis asing. Jaraknya memang tak jauh dari kawah ijen.
kawah bulan sabit
Mengapa disebut sebagai kawah bulan sabit ? Karena jika kamu berada di puncak kawah tersebut akan melihat gundukan seperti bentuk bulan sabit, itulah mengapa banyak orang menyebutnya sebagai kawah bulan sabit.

Ada berbagai macam alasan mengapa banyak wisatawan suka berkunjung ke objek wisata ini, sebab pada ketinggian 2.800 mdpl kamu bisa melihat keindahan gagahnya gunung raung dan juga melihat pemandangan kota banyuwangi dari ketinggian.

3. Pemandian Air Panas


Aapakah kamu suka mandi air panas ? Nah jika wisatawan lelah saat perjalanan, maka untuk membuang semua rasa letih tersebur, silakan datang saja ke lokasi pemandian air panas yang satu ini, dijamin stamina yang terkuras tadinya akan kembali semangat lagi. Selain itu juga pemandian air panas di objek wisata banyuwangi jatim ini mengandung belerang dan dipercaya berkhasiat untuk kesehatan terutama menyembuhkan kanker kulit.

Kamu bisa berlama-lama untuk berendam di pemandian ini, sebab rasanya yang hangat cocok sekali dalam menghilangkan pegal karena mendaki kawah ijen.

4. Air Terjun Blawan


Selain kali pait ternyata air terjun blawan cukup menarik untuk kamu kunjungi, perlu diketahui juga bahwa lokasi air terjun blawan berada sangat dekat sekali dengan pemandian air panas, lokasi Blawan tepatnya di desa Kalianyar. Untuk air yang ada di Blawan memang bersumber dari kawah ijen, pastinya mengandung belerang yang tinggi.
air terjun blawan
Jika kamu mengunjungi ke lokasi Blawan, tentunya bisa melihat jenis tumbuhan yang bernama Makadamia, umumnya tumbuhan ini tidak jauh dari air terjun Blawan.

5. Air Terjun Kali Pait


Tempat keindahan yang paling dekat sekali dengan kawah ijen ialah air terjun kali pait, nah menariknya lagi objek wisata yang satu ini ternyata berbeda dengan yang lainnya, bahkan air terjunnya juga tidak seperti air terjun pada umumnya.

Hal ini dikarenakan air terjun kali pait bersumber dari air terjun blawan, dimana air yang di aliri terkandung zat belerang, dipercaya masyarakat sekitar sangat bagus untuk kesehatan kulit. Air terjun kali pait juga banyak disuguhkan bebatuan asli alam, jadi kamu bisa melihat bebatuan yang menghiasi sekitar air terjun itu.

6. Air Terjun Kampung Anyar


Berlibur ke banyuwangi jika tidak mengunjungi air terjun kampung anyar, pastinya momen liburan kamu masih kurang, karena panorama keindahan yang ada disana cukup bagus sekali untuk melepas rasa letih seharian bekerja. Air terjun ini terletak di lokasi kampung anyar desa Taman Suruh, banyak wisatawan dapat menikmati tiga air terjun sekaligus, salah satunya air terjun jagir, air terjun seumber pawon, dan juga air terjun sumber bidadari.
Menurut banyak orang tempat paling menarik dari ketiga objek wisata tersebut ialah air terjun sumber pawon, hal ini dikarenakan aliran air yang ada dilokasi tersebut memang menyebar ke lokasi penjuru lainnya.

7. Kalibendo


Tempat paling menarik lainnya juga yakni air terjun kalibendo, memang banyuwangi terkenal dengan objek wisata air terjun, disana banyak sekali pemandangan indah yang bisa kamu nikmati bersama keluarga ataupun pasangan.

Terlebih lagi harga tiket masuknya juga lumayan murah, kamu cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp. 10.000 sudah bisa masuk ke tempat Kalibendo tersebut. Nah yang lebih unik dari kalibendo yaitu mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, sesuai dengan satu arah kawah ijen.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah saya tulis ini mengenai tempat wisata sekitar kawah ijen, semoga konten ini bisa memberikan dampak positif terutama wawasan pengetahuan bagi pembaca mengenai informasi wisata banyuwangi jatim.

Bila ada tambahan lainnya mengenai panorama keindahan alam, silakan cantumkan komentar di bawah ini, atau bisa anda share ke media sosial lainnya. Terima kasih

Comments 0